Minggu, 01 Maret 2009

Kado Terindah Untuk Fayra

by nakjaDimande

Pagi yang cerah dan burung2 pun berkicau dengan riangnya,, terbang kelangit luas…

Seorang gadis kecil terbangun diatas ranjangnya yang hangat.. wajah polos tanpa dosa menggemaskan bagai malaikat mungil.. kelopak matanya mengerjap2 akibat tertimpa sinar matahari pagi yang menerobos lewat celah tirai jendela..

Gadis kecil itu fayra… senyum manis merekah diwajahnya.. rambut ikal membingkai wajah bulatnya.. ia turun dari ranjang dan berlari mendekati jendela,, disibaknya tirai dan dibukanya daun jendela lebar2..
Ia tau, hari ini adalah hari tercerah dan terhangat dalam hidupnya,, yaaa.. hari ini… hari specialnya..

Fayra memandang kelangit biru yang menyilaukan, menarik napas dalam-dalam dan menghembuskannya ke udara terbuka,, kebiasaan paginya sehabis bangun tidur.. kemudian gadis itu berlari keluar kamar..,, senyum manis masih setia menghias wajah bulatnya..

Langkah-langkah kecil membawa fayra kedapur,, belum sampai masuk kedalam ia berhenti.. dan mulai berjingkat-jingkat.. matanya terpejam menghirup aroma masakkan yang terbang bersama angin dari balik pintu dapur…
dibukanya pintu,, dan didapatinya seorang wanita sedang sibuk memasak, memunggunginya..
melihat wanita itu,, fayra segera berlari menghampiri.. memeluk pinggangnya dari belakang, dan berteriak memanggilnya “bundaaaa…” sesaat keduanya tertawa cekikikan,,

“bunda lagi ngapain…?”

bunda berbalik dan membungkuk,, memeluk dan mencium kedua pipi fayra.. “selamat ulang tahun my little anggel.. ” dikecupnya kening fayra dengan penuh kasih sayang…

“ma-aci bunda,, ayra sayaaang bunda… ” dipeluknya lagi sang bunda erat2

“nah, sekarang ayra main diluar dulu ya… supaya bunda bisa selesain masaknya..”

“bunda pasti lagi bikin kue buat ayra… hehehhh,, sini coba ayra cicipin dulu.. enak gaaa..”

“eits,, ga boleh.. nanti ga jadi kejutan lagi donk.. bunda kan mau bikin kue special buat ayra.. ok..”

“ummm.. iya deh,, ayra ok ajah..”

setelah puas bermanja2 dengan bundanya,, ayra berlari ke ruang tamu.. disana ia mendapati ayahnya yang sedang sibuk mendekor ruangan..

“ayaaah….,, ayra mau bantu… “

“loh… putri kecil ayah sudah bangun,,, sini dulu… selamat ulang tahun ya sayang.. ” digendong dan diciumnya pipi gembil fayra..

“muaccchh,, ayra sayang ayah… ” ia pun balik mencium gemas pipi ayahnya.. “ayra mo bantu ayah,, boleh kan?”

“humm,, ayra belum mandi yah.. mandi dulu gih,.. bau acem niyh… ” ayah mengernyitkan hidungnya kearah fayra..

“uhh,, masa siy.. ayra kan masih kecil,, jadi belum bau keringet,, ga kaya bang reza… “

diturunkannya fayra dari gendongan,, “ayra mandi dulu.. baru boleh bantu ayah…,, ok.. ” ayah mengedipkan sebelah matanya kearah fayra…

“iyaaa… ok deh,,,”

kembali fayra berlari ke kamar,, disana ia bertemu sang abang yang sedang asyik dengan kertas krep berwarna-warni,,, kejutan lain untuk ku.. pikir fayra

“ahhh… itu pasti kado buat ayra… iya kan bang,, iya kan…?!”

“uhhh,,, anak kecil so’ tau,, sana2 jangan ganggu…”

sebelum mengusir fayra jauh2 dari misi rahasianya.. abang menyempatkan diri mengacak2 rambut fayra yang sedari tadi sudah acak2an…

“selamat ulang tahun ya kiwil,, “ teriak abangnya sambil tertawa cekikikan..

“uhhh,, abang iseng… bilangin bunda niy.. weeekkk” sambil balik berlari fayra menjulurkan lidah kearah abangnya yang masih tertawa jahil…

tak sengaja dibelokkan fayra menabrak kakaknya aisyah,,

“auwww…” jidat fayra persis mehantam perut aisyah…

“duwhh,, hati2 donk ayra… jangan lari2an didalam rumah.. “

“ahhh,, apa tuw dibelakang ka aisyah,,” fayra melirik jail kearah belakang punggung kakaknya..

“bukan apa2 ko’ sayang… ” aisyah manjawil usil pipi adiknya… “gih sana mandi,, bau acem niyh..”

“umm.. ayra ga bau ko,, niy buktinya masih wangikan…”

“ga ah,, bau acem..” aisyah menggeleng2kan kepala,, sambil memencet ujung hidungnya dengan satu tangan..

sedang satu tangannya lagi sibuk memegang bungkusan rahasia dibalik punggung…

“ya udah,, ayra mandi dulu deh… kenapa ci cemua orang bilang ayra bau acem.. uwhh..” fayra melangkah masuk kekamar mandi sambil menghentak2kan kaki kelantai.. tanda tidak terima dengan tuduhan bau asem itu..

“hihi,, selamat ulang tahun ya adik kecil.. muaaachh” aisyah mencium pipi fayra sebelum pintu kamar mandi tertutup..

“katanya bau acem,, tapi ko dicium2 mulu.. weeekk” kemudian pintu kamar mandi pun ditutup..

Walau baru duduk di TK Nol Besar.. fayra kecil terbilang mandiri.. tahun ini fayra sudah bisa makan sendiri,, mandi sendiri,, dan pakai baju sendiri,, bahkan sudah bisa berhitung sampai angka 50 loh… yang ini hasil belajar sendiri..

Setelah selesai mandi,, mengenakan gaun putih baru plus kuncir dan jepit warna-warninya.. fayra berjalan ke ruang tengah..

Sesampainya diruang tengah, fayra kaget bukan kepalang…. ruangan telah dipenuhi banyak orang.. dari keluarga tercinta hingga teman2 sepermainan yang tak terlalu ia kenali wajahnya.. tapi sebodo amat dalam hati fayra.. yang penting disini ada ayah, bunda, kakak, dan abang.. yipieee…
melihat fayra masuk keruangan, serentak semua meneriakkan ucapan selamat ulang tahun padanya…“Happy Birthday Aayraaaa….”,, kertas warna-warni berterbangan diatas kepala fayra.. rupanya ini kejutan yang sedari tadi dikerjakan reza abangnya..

Walau usil.. fayra tau kalau abangnya itu sayaaang banget sama dia.. setiap saat abang selalu siap membela jika ada yang coba2 usil ke fayra.. jika ditanya.. ”kenapa siy abang mo belain ayra?”,, jawab abang singkat.. “karena yang boleh usil sama ayra tuw cuma abang” sambil ketawa terkekeh.. menurut fayra sungguh itu jawaban yang aneh..

Setelah ucapan selamat,, kak aisyah menghampiri fayra sambil membawa bungkus besar berwarna merah jambu.
“ini kado special buat ayra… selamat ulang tahun ya adik kecil qu.. “ senyum manis kak aisyah menyejukkan hati fayra..

“makasih kakak qu sayang..” fayra memeluk dan mencium pipi kakak kesayangannya itu..

Kak aisyah hari ini tampil anggun dengan jilbab panjang biru mudanya,, sebagai kakak dirinya selalu sabar dan penuh pengertian.. apalagi disaat harus menghadapi kedua adiknya yang nakal dan super usil.. fayra berkhayal jika besar nanti dirinya akan secantik dan seanggun kak aisyah,, yups tentu saja..

Setelah menerima kado dari kak aisyah,, fayra berlari menghampiri ayah dan bunda,, dipeluk keduanya erat2… wajah bunda yang selalu memancarkan kehangatan dan kasih sayang serta pelukan ayah yang selalu memberi rasa aman dan nyaman..

Mereka adalah kado terindah yang tak kan pernah tergantikan…

“tiup lilinnya… tiup lilinnya..”

Tiba2 sorak sorai seisi ruangan meminta fayra meniup lilin yang telah terpasang.. diatas kue cantik buatan bundanya.. kue coklat bersalut cream strawberry.. dengan taburan coklat warna-warni diatasnya.. api dililin angka-5 itu telah menyala, bergerak menari2 tertiup angin.. seolah ikut meramaikan suasana..

Fayra bersiap ambil posisi,, menarik napas dalam2 dan menutup kedua matanya.. kemudian hembusan napas keluar dari bibir mungilnya.. setelahnya fayra tertawa,, tawa yang tak pernah selepas itu sebelumnya.. luapan kegembiraan dihari specialnya…

Kaget mendengar gema suara tawanya sendiri, mata fayra terbuka… tapi aneh,, kenapa hanya gema suara tawanya sendiri yang terdengar,, kemana suara semua orang yang baru saja bersorak sorai mengelilinginya…?

Sekejap seperti orang linglung.. fayra mendapati dirinya terbangun di ruang luas yang gelap dan dingin,, namun senyum bahagia masih tersisa diwajahnya..
“dimana ini?” fayra bersuara..
“kemana semua orang,, semua hadiah.. dan juga kue ulang tahunnya..?”
fayra masih terus celingak-celinguk diatas ranjang besi tuanya, berusaha mencari… namun yang terlihat hanya berderet2 ranjang besi dengan selimut bermotif garis hitam-putih,,,

Tersadar dari mimpinya fayra tersenyum getir,, melirik kearah kalendar disamping ranjangnya.. samar terlihat karena pantulan cahaya dari luar.. hari ini tanggal 2 Juni..

Matanya menerawang…,,

Humm tanggal 2 Juni ya.. baiklah..,, hari ini akan ku jadikan sebagai hari ulang tahun ku.. bisik fayra.. kemudian ia tersenyum..

Kembali fayra masuk kedalam balutan selimut hitam-putihnya,, melanjutkan mimpi2 yang terputus.. sambil terus memeluk erat guling kesayangannya.. berharap yang dipeluk adalah sosok bunda yang begitu ia rindukan…

Di satu sisi guling berbalut seprai putih milik fayra,, tersulam tulisan dengan benang hitam yang mulai luntur “Rumah Yatim-Piatu Kasih Ibu”

Diluar hujan turun dengan derasnya, dan awan kelabu menyelimuti langit sepanjang malam.. di bulan Juni..

________________________________________________

Selamat ulang tahun Fayra sayang, Bundo ada di sini untuk memelukmu selalu.

Tidak ada komentar: