Jumat, 25 Januari 2008

Sang Pemenang

Semangat Pemenang
Posted By admin
Monday, 21 July 2008
SMART MOTIVATION
Andrie Wongso


INTISARI

Dalam sebuah reuni SMA banyak sekali wajah – wajah gembira karena bertemu dengan kawan lama yang jarang bahkan tidak pernah dijumpai lagi sejak lulus sekolah. Gelak tawa canda ria mengalir deras diantara mereka.

Salah satu diantara mereka adalah seorang pemuda yang pernah menjadi bintang kelas dan kesayangan guru dan teman - temannya. Selain prestasi kelas yang menonjol, pemuda ini juga gesit dan cepat dengan pembawaan ramah dan pandai bergaul dengan siapa saja. Selain itu pemuda ini juga pernah menjadi atlit lompat tinggi pemegang rekor di jamannya.

Semangat pantang menyerah saat mempertahankan prestasi di sekolah dan kegigihannya mengalahkan mistar di arena lompat tinggi menyulut decak kagum semua orang yang mengenalnya. Kekaguman yang tersisa masih tampak dari pujian teman - temannya yang diberikan padanya saat reuni.

Seusai acara reuni tersebut, pemuda itu merenung dalam kamarnya. Ada dua perasaan yang sangat menyesakkan dadanya yaitu kekaguman dan pujian dari temannya bagai tamparan bagi dirinya. Karena selama ini dia sadar bahwa dia telah gagal mempertahankan semangat pemenangnya kala meraih prestasi seperti waktu dulu. Dia berpikir, saat ini dengan pekerjaannya sebagai agen asuransi pemuda itu merasa kinerjanya tidak memuaskan.

Target yang diberikan padanya hampir tidak terpenuhi, padahal kemampuan bergaulnya masih sebaik dulu. Dia bertanya pada dirinya sendiri apa yang salah sekarang. Selama ini ketakutan begitu kuat mencengkeram, takut kalah, tidak berhasil, takut pada ketakutan itu sendiri, ditolak sekali langsung mundur, tidak prospek langsung tersungkur dan masih banyak lagi. Padahal dulu dalam kamusnya selalu ada kata pantang menyerah. Setiap ada kesulitan dia selalu berusaha bertanya dan belajar. Begitu juga dalam bidang olahraga yang digelutinya. Pemuda itu akan mencari setiap sentimeter kesalahan untuk menyempurnakan dan memperbaiki lompatannya sehingga berhasil menciptakan rekor baru. Entah kemana ambisi motivasi dan semangat pemenangnya yang dulu. Pemuda itu merasa kini waktunya untuk kembali bangkit dengan semangat yang sama seperti dulu. Kalau ketika itu bisa maka sekarang juga harus bisa. Malam itu dia sadar dan memohon ridho Ilahi dan berkomitmen untuk bangkit dan menjadi jati dirinya dalam mengarungi kehidupan.

Semangat itu sangat penting, demikian juga motivasi. Tanpa motivasi dan semangat maka ilmu yang kita miliki tidak berguna. Begitu kesadaran dan motivasi muncul, semangat juang akan spontan terbakar dan siap menghadapi kesulitan dan tantangan apapun yang menghadang. Tidak mundur karena kegagalan, pantang putus asa sebelum berhasil. Jika manusia telah menemukan arti motivasi dan tahu apa yang menjadi kekuatannya maka sukses luar biasa selalu dapat tercipta. Mari temukan kelebihan dan satukan dengan motivasi, maka semuanya mungkin terjadi.

Tidak ada komentar: