Senin, 29 November 2010

Penyembuhan Fistula Ani (Perianal Fistel)

FISTULA ANI Luka bernanah / borok sulit sembuh disamping anus.Fistula ani atau Fistel paraanal adalah saluran yang menyerupai pipa (fistula, latin = pipa). Sering teraba menyerupai pipa/saluran yang mengeras. Saluran ini terbentuk mulai dari dalam anus (anorektal) menembus keluar bokong (perineum). Pada fistula ani selalu ditemukan 2 buah muara keluar, sering disebut dengan istilah external opening (daerah perineum) dan internal opening (anorektal). Lebih mudah untuk menemukan external opening dibandingkan internal opening apalagi kalau internal opening nya lebih dari satu (multipel) Karakteristik dibandingkan penyakit / gangguan lain yang berada disekitar anus (hemoroid/wasir, abses anal, fissure ani dll) adalah pada fistula ani sering terjadi kekambuhan dan infeksi ulang jika tidak mendapat penanganan yang baik. Sering dianggap tidak berbahaya. Tidak jarang banyak yang ’menyimpan’ fistula ani sampai bertahun-tahun. Gejala yang tampak ringan seperti bisul atau luka lecet di bokong membuat fistula ani sering mendapat penanganan yang keliru dan menyebabkan keterlambatan pasien untuk datang konsultasi ke dokter. Awal keluhan biasanya berupa keluarnya cairan yang tidak biasa dari anus (diluar waktu BAB / buang air besar) cairan bisa berupa nanah atau cairan serupa darah, nyeri pada anus, bengkak pada tepi anus yang berulang, gatal pada anus. Kadang-kadang di dahului dengan keluhan hemoroid /wasir. Sering mengalami abses anal (nanah pada anus) sebelumnya. External opening pada bokong akan terlihat spt bintik atau bulatan yang memerah, sering disertai rembesan nanah atau darah disekitarnya. Pasien sering mengira bintik atau bulatan tersebut, bisul atau luka lecet biasa.

Biasanya disebut fistel adalah terowongan yang menyambung 2 bagian tubuh yang tidak lazim. Biasanya adalah sejenis bisul dibagian anus yang tidak bisa sembuh-sembuh. Didalam bisul tersebut adalah terowongan/canal yang menembus ke saluran pembuangan/ rectum. Bisa ada satu, dua atau lebih lobang fistula. Ada 3 macam fistula: Simple fistula, Complete fistula, dan Horseshoe fistula.
Simple fistula adalah fistula yang ada hanya ada satu lobang apakah itu dikulit sekitar anus atau disekitar rectum.
Complete fistula adalah fistula yang mempunyai 2 lobang, yaitu entrance dan exit. Artinya entrance dari saluran pembuangan lobang pertama dan tentunya keluar melalui exit lobang ke dua.
Horseshoe fistula adalah 2 lobang fistula yang ketemu satu dengan yang lainnya dalam bentuk huruf U (Horseshoe fistula).
Fistula merupakan penyakit yang erat hubungannya dengan immune system / daya tahan tubuh setiap individual. Jika seorang penderita merasakan kelelahan seperti: Bepergian jauh, begadang, dan terlalu kelelahan serta telat makan maka berdampak pada memperburuknya penyakit tersebut. Fistula juga sangat erat kaitannya dengan pola makan
Penyebabnya adalah peradangan di dalam dubur tepatnya dari kelenjar anal (krypto-glandular) didaerah linea dentata.Jika peradangan sampai kebawah kulit disekitar dubur , kulit menjadi merah , sakit dan ada benjolan ; penderita biasanya merasa meriang. nalfistula lebih banyak diderita pria daripada wanita

INDIKASI
Pengularkan nanah dan darah dari lobang sekitar anus
Rasa sakit dan bengkak (abses )
Rasa gatel
Tidak nyaman jika duduk

PENYEBAB
Susah BAB/Konstipasi (susah BAB/tidak Teratur)
Ngedan ( ngejan) Pada saat BAB
Pernah ada riwayat t.b.(tuberculosis)

PANTANGAN
Susu dan produk dari susu seperti : es krim, cake, yoghurt, keju, coklat, dan lain – lain.
Makanan yang mengandung MSG ( Penyedap Rasa ), makanan dan minuman kaleng yang diawetkan seperti : sarden, coca cola, dan lain – lain.
Minuman beralkohol, anggur dan soda.
Rokok, Narkoba, Psikotropika
Berhubungan suami istri dikurangi
Daging kambing dan jeroan
Durian, Nanas, Tomat
Telor, daging bebek, seafood, makanan pedas, cuka, makanan yang asam – asam , kacang – kacangan dan makanan yang terlalu manis
Olah raga seperti : Futsal, Badminton, Tenis, Berenang, Golf, dan lain – lain
Tidak boleh memencet abses/ bisulnya untuk mengeluarkan nanah, biarkan nanahnya keluar sendiri.

ANJURAN
Minum air sebanyak mungkin lebih dari 8 gelas/ hari
Makan buah – buahan/ sayuran yang berserat tinggi seperti : papaya, pear, melon, wortel, lobak, apel yang manis
BAB harus lancer dan kotoran ( feces ) harus lunak
Merendam dengan PK pagi dan malam

Sumber :
http://www.tokoobatalami.com

Tidak ada komentar: